Kamis, 05 Oktober 2023

Potensi Ikan nila si emas hitam

 

Ikan nila hitam

Ikan nila adalah salah satu ikan air tawar konsumsi yang paling populer di Indonesia. Ikan ini memiliki banyak keunggulan, seperti mudah dibudidayakan, memiliki rasa yang enak, dan harganya yang terbilang terjangkau. 

Dengan demikian ikan nila sering disebut sebagai "emas hitam" memiliki potensi yang besar untuk menjadi usaha masa depan terutama bagi yang tertarik dengan usaha budidaya perikanan karena ikan nila memiliki banyak keunggulan seperti daya tahan tubuh yang kuat dan permintaannya terus meningkat. 

Teknologi yang sudah dipraktekan di Indonesia adalah sistem Ras dan sistem kolam Bioflok. Kedua Sistem ini menggunakan kolam yang mudah di aplikasikan dan memiliki sistem sirkulasi air dalam pemeliharaan yang lebih efisien. 

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya meningkatkan produksi ikan nila di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri dan ekspor dalam bentuk fillet ikan seperti ke Amerika Serikat. 

Menurut data dari artikel situs kkp.go.id Pada tahun 2021 produksi ikan nila di Indonesia mencapai 1,30 juta ton dengan nilai produksi yang tinggi yaitu mencapai Rp. 32,350 triliun. 

Dengan dukungan pemerintah dan teknologi yang tepat produksi ikan nila di Indonesia dapat terus meningkat. Tentunya ini akan memberikan manfaat bagi perekonomian masyarakat di Indonesia karena berhubungan dengan pangan.

Semoga artikel dan infonya bermanfaat.


Revisi Kamis 5 Oktober 2023 18:02 
Penulisan awal Rp.32.350 triliun setelah di edit yang benar adalaj Rp. 32,350 triliun (memakai koma)




Kuningan Oktober 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan