Rabu, 01 April 2020

Fakta ikan neon Tetra

Fakta ikan neon tetra yang mendunia
Neon tetra

Artikel berikut adalah beberapa fakta ikan neon tetra (Parachirodon Innesi) yang bisa saya tulis berdasarkan menonton di Youtube, membaca dan pengalaman pribadi saat memelihara ikan neon tetra di Aquarium.

Berikut fakta menarik dari ikan hias yang memiliki paduan warna neon menarik ini :

-Bisa dijadikan peluang usaha sebagai breeder ikan neon tetra. Ikan ini sukses dibudidayakan di daerah Depok Indonesia.

-lembaga Indonesia CARE pada bulan November tahun 2020 lalu akan mengedukasi para korban phk dengan membentuk petani plasma ikan hias terutama membudidayakan Neon tetra. (07102022)

-Ikan akan tampak berenang lebih aktif saat berkelompok dengan ikan neon tetra lainnya.

-Ikan neon tetra berukuran kecil sekitar 3 sampai 4 centimeter dan dapat hidup hingga 5 tahun lebih jika perawatannya baik.

-Ikan yang juga populer di pasaran dalam negeri dan harganya stabil.

-Ikan yang mudah sekali mabuk ketika ada perubahan pada air misalnya saat berada dalam aquarium, seperti tingkat amoniak yang tinggi yang berasal dari sisa-sisa makanan yang terlalu berlebihan.

-Ikan yang sangat gemar dengan kutu air / daphnia magna, saya sendiri rutin memberi pakan kutu air pada ikan ini.

-Ikan yang sangat mudah beradaptasi pada lingkungan barunya (aquarium) asalkan suhu  air dan ph air tidak terlalu ekstrem.

-Ikan yang selalu populer untuk ekspor karena peminatnya banyak di luar negeri.

-Ikan yang selalu tenang saat berada dalam aquarium dan jarang sekali usil dengan ikan lainnya yang seukuran.

-Ikan yang senang dengan tempat yang teduh bisa diakali dengan memberikan tanaman air atau kayu-kayu hias dimaksudkan untuk menghindari strees dari cahaya yang terlalu terang.

-Jika pemeliharaannya tidak benar maka ikan akan mudah tetkena penyakit jamur putih (white spot). Juga biasanya ekor ikan akan hilang dengan sendirinya (pengalaman pribadi).

-Memiliki gerakan yang unik yaitu selalu terlihat kejang saat diam.

-pH air yang di sukai ikan neon tetra adalah agak asam misalnya saja di ph sekitar 6. Menurut para pembudidaya ikan neon tetra akan berhasil memijah pada kisaran air di ph 6.

-Sepasang ikan neon tetra akan cepat memijah saat kondisi ruangan yang agak gelap. Kita bisa melihatnya di Youtube bagaimana para pembudidaya ikan neon tetra ini akan memberikan sekat atau penutup pada wadah pemijahanya. Bahkan di tempat asalnya ikan ini hidup di tempat yang gelap dan dasarnya banyak berserakan akar akar pohon dan tanaman di sekitar sungai.

-Untuk pemeliharaan yang standar dalam aquarium peliharalah 10-15 ekor ikan agar ikan-ikan tersebut tidak stress, selain itu kita juga bisa menikmati timbal balik dengan melihat pemandangan indah dari aksi ikan neon tetra ini di aquarium.

-Warna merah sangat cerah saat sehat, namun jika mengalami sakit warna merahnya akan terlihat seperti merah pucat.

Semoga infonya dapat membantu, jika ada tambahan bisa memberikan komentar di bagian kolom komentar.




Kuningan April 2020


06102022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan