Senin, 29 Juli 2019

Berkah dari Budidaya Cacing tanah




Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel tentang budidaya cacing tanah yang di usahakan oleh seorang yang sudah bergelut di usaha budidayanya sejak tahun 2000 an.

Cacing tanah hasil budidayanya sudah diliput oleh Net. Jawa Timur beberapa waktu lalu sekitar Maret 2016.

Pembudidaya cacing tersebut adalah mas Abdul Azis Adam asal Kelurahan Sukun Kota Malang. Budidaya cacing tanah ini berawal dilakukan karena adanya kolam pemancingan di lingkungannya.

Dengan berjalannya waktu permintaan cacing tanahnya semakin meningkat terutama untuk kebutuhan pertanian, peternakan dan perikanan.

Alasan Mas Adam budidaya cacing tanah adalah karena biaya produksinya sangat terjangkau dan murah. Menurutnya untuk makanan cacing ini bisa berasal dari limbah dan berlimpah dilingkungannya.

Jika kita milhat videonya di Youtube hasil budidayanya dibeli warga setempat dengan harga yang fantastis yaitu 50.000 perkilonya untuk kebutuhan ternak sapi.

Menariknya Kotoran cacing atau Kascing baik sekali untuk kesuburan tanah dan tanaman, kandungan didalamnya mengandung hormon microorganisme yang dapat menghasilkan hormon pertumbuhan sehingga kotoran cacing dapat mempengaruhi perakaran pertumbuhan tanaman.

Menurut liputan NET. Jawa Timur bahwa budidaya cacing tanahnya sudah memiliki ratusan  anggota peternak yang dibina Mas Adam yang tersebar di Nusantara.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat menginspirasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan