Kamis, 25 Juli 2019

Tentang Aerator kolam Sistem Bioflok


Pompa Resun LP 100 merupakan blower kapasitas besar yang cocok untuk rekan-rekan yang ingin budidaya ikan dengan sistem bioflok.

Aerator besar untuk bioflok
Resun LP 100 
Aerator bioflok ini dapat mengeluarkan semburan udara (exhaust) hingga mencapai 140 liter per menit.

Menurut pakar bioflok Bapak Adi Sucipto bahwa untuk ukuran kolam diameter 4 membutuhkan aerasi persatu titik sekitar 10 liter permenit, kita bisa melihat videonya di Channel youtube Gatot Sulistio yang mana saat Pak Adi Sucipto di wawancara Elshinta TV dalam acara budidaya ikan nila.

Dengan aerasi yang kuat maka kebutuhan oksigen serta flok (gumpalan) yang dibutuhkan ikan sebagai pakan dapat tercukupi. Sebagai contoh untuk kolam berdiameter 4 dibutuhkan 8 titik aerasi. Memang dalam budidaya kolam sistem ini semburan udara aerator sangat mempengaruhi sekali karena kepadatan ikan yang ditebar sangat tinggi. Makanya sistem ini cocok sekali untuk wilayah yang airnya terbatas.

Bisa di modifikasi
Produk LP 100 juga bisa dimodifikasi agar semburan udaranya sangat kencang, rekan-rekan dapat melihat video youtube di channel  Sri Wiyono judulnya Cara pemasangan dan meningkatkan daya dorong mesin aerator untuk kolam ikan lele (Gubuk Lele Farm) .

Screenshot video modifikasi Resun LP 100

Ikut modifikasi 
Saya pribadi juga sudah pernah ikut memodifikasi aerator resun besar ini dengan bantuan pipa paralon yang disarankan oleh Youtuber tersebut, namun hasilnya kurang memuaskan karena tidak sesuai dengan sistem yang disarankan, karena hanya bagian depannya saja (nanggung) :D.

Modalnya juga cukup besar karena semua cabang saluran udara harus menggunakan paralon, setelah itu outputnya memakai selang aerator dibuat pendek tidak memanjang. 

Youtuber itu berhasil memasukan ke beberapa kolam dengan tiga titik aerator perkolam. Jika melihat videonya tekanan udaranya terdengar sangat powerful walaupun sudah banyak pemakaian titik aerasi dikolam.

Karena saya belum memaksimalkan caranya maka ada baiknya jika rekan semua yang kebetulan membaca artikel ini jangan terburu-buru beli peralatan pendukung untuk memaksimalkan dorongan anginnya seperti paralon dan sebagainya, namun pelajari dulu videonya dengan teliti.

Instalasi seadanya
Ada sedikit cerita pengalaman ketika pertama kali memasang aerator ini seadanya. Yaitu hanya mengandalkan selang aerasi saja, maksudnya dari aerator langsung disambungkan ke lubang berjumlah 32 titik yang sudah disediakan oleh standar pabrik.

Kemudian yang terjadi adalah ada sebagian selang yang tidak berjalan seperti mampat tapi kalau selangnya dinaikan bisa keluar udara. 

Akhirnya saya dan saudara saya berkesimpulan bahwa instalasi yang seperti ini kurang bagus karena selang posisinya mengayun sehingga sangat mempengaruhi distribusi aliran udaranya.

Akhirnya saya mencari solusi bagaimana agar semburan udaranya bisa seimbang dan cara instalasinya, singkat cerita dapat video tutorial Sri Wiyono di Youtube (artikel diatas) dan menemukan beberapa pendapat bahwa menggunakan paralon lebih bagus untuk mengalirkan udara dari aerator tersebut.

Walaupun demikian saya pikir tanpa modifikasi sepertinya erator ini bisa untuk kebutuhan kolam biolok karena bisa menyemburkan udara 140 liter per menit, yang penting instalasi selang aerasinya juga harus diperhatikan. Karena saya sendiri mengandalkan selang saja masih belum maksimal, dan sampai sekarang aeratornya masih belum digunakan, rencananya mau buat seperti instalasi Youtuber Sri Wiyono yaitu memakai instalasi pipa paralon.

Sebagai referensi jika rekan-rekan ingin membuat kolam biolok bisa melihat channel pak Adi Sucipto yang sudah ahli dalam bidangnya apalagi banyak bahan yang digunakan seperti garam krosok, kapur dolomit, em4 dan molase sebagai syarat utamanya.


Kesimpulan dari artikel ini

- Aerator Resun Lp 100 cocok untuk kolam bioflok karena bisa menyemburkan 140 liter udara permenit jadi jika dalam video pak Adi Sucipto ukuran diameter 4 membutuhkan 8 titik aerasi maka perkolam dibutuhkan 80 liter permenit. 



Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Artikel mengalami editan kembali 1 April 2023 jam 02:41

Lihat produk di blibli.com dengan harga termurah ! Klik disini


Kuningan, Linggaindah 2019


3 komentar:

  1. Iya kapasitas besar tahan lama juga kokoh

    BalasHapus
  2. Menurut saya sudah cocok karena resun lp 100 bisa menyemburkan aerssi hingga 140 mas..dan 1 aerator sudah cukup untuk kolam d5...sebagai referensi bisa lihat video pak adi sucipto di Youtube

    BalasHapus
  3. Aerator bioflok adalah salah satu teknologi inovatif dalam budidaya ikan, terutama untuk budidaya ikan dengan sistem bioflok. Aerator ini dapat membantu sirkulasi dan oksigenasi air. Dengan kualitas air yang baik, maka ikan dapat tumbuh dengan sehat dan optimal. Penggunaan aerator bioflok juga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam budidaya ikan.Juga perlu diingat bahwa penggunaan aerator bioflok harus dilakukan dengan tepat dan sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan, agar dapat memberikan manfaat yang optimal dan tidak merusak ekosistem air budidaya.

    rekan pembaca bisa menonton video di Youtube untuk kegunaan aerator kapasitas besar ini

    BalasHapus

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan