Minggu, 14 Juli 2019

Bubu ikan perangkap ikan

Pengalaman bubu ikan

Bubu ikan merupakan alat untuk menangkap ikan dengan cara menjadi perangkap ikan tanpa harus melukai ikan tersebut.
ilustrasi gambar bubu ikan
gambar ilustrasi bubu ikan

Alat ini akan ditenggelamkan dengan umpan yang tersimpan di dalamnya agar ikan-ikan di dalam air bisa masuk kedalamnya. Biasanya para penangkap ikan akan membiarkan bubu tersebut hingga beberapa puluh menit sembari menunggu ikan-ikan masuk dalam perangkap.

Kini sudah banyak desain alat perangkap ikan ini yang dijual dipasaran seperti :

-anyaman bambu berbentuk lonjong
-jaring berbentuk kotak
-jaring dengan desain seperti payung dengan beberapa pintu masuk perangkap

Dari ketiga desain diatas menurut saya yang agak modern adalah yang berbentuk payung dengan beberapa pintu masuk yang kini banyak di jual online.

Rekan-rekan dapat melihat cara kerja bubu ikan di Youtube, biasanya para pencari ikan akan mencari tempat lokasi yang banyak ikannya. Untuk mendapatkan ikan agar mau masuk kita bisa memasukan umpan yang bagus menyengat anyir, biasanya ikan akan datang penasaran dan masuk dalam bubu ikan.

Saya pribadi pernah mencoba di sungai kecil dengan menggunakan botol aqua bekas yang membuat teman dari Serang Banten, kebetulan juga dia jago mancing dan ahli buat umpan ikan. Hasilnya dalam beberapa jam ikan benteur sudah masuk dalam perangkap.

Pakai bubu modern
Ada pengalaman memakai yang modern yang dibeli online barangnya bagus dan jaring kuat untuk menampung beberapa ekor ikan ukuran sedang. Caranya sama persis seperti artikel diatas kita bisa memberi pakan yang aromanya tajam misalnya saja diberi campuran pelet udang 48 agar umpan berbau amis. Biasanya dalam hitungan jam ikan asal kolam atau balong yang banyak ikan akan masuk dalam lobang bubu modern dari segala arah. Perangkap ikan ini sangat direkomendasikan karena memang desainnya sudah pas dan cocok untuk menangkap ikan dengan instan.



Semoga infonya bermanfaat, bagi rekan-rekan yang ingin membeli bubu bisa membeli secara online.


Edit artikel 30 Agustus 2020



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan