Kamis, 18 Juli 2019

Pengrajin Pisau bahan Baja asal Kuningan

Namanya Amin atau sering dikenal "Amin Kuda" asal Desa Linggaindah Kecamatan Kuningan Jawa Barat. Sebenarnya sebutan kuda karena dia dari Kuningan karena Kuningan dikenal sebagai Kota Kuda.

Amin dikenal suka membuat kerajinan dari bahan logam seperti dari bahan baja dan stenlis pada tahun 1990 an. Kerajinan yang pernah dibuat pertama kali menurut cerita dari teman-temannya adalah benten atau ikat pinggang motif kepala kuda. Dari situlah awal pertama dia menjalankan usahanya.

Usaha yang dia buat semakin dikenal dikalangan orang pekerja karena tertarik dengan produknya yang unik apalagi dari bahan logam yang bermutu.

Kebetulan saya pribadi pernah kedatangan Pak Amin tahun 2017 an akhir dia membawa alat-alat perkakas seperti pisau, golok dan pisau motif untuk ditawarkan, apakah tertarik untuk membeli produknya. Setelah saya lihat barang dagang Pak Amin saya tertarik membeli dua pisau motif seperti Kujang.

Sekilas model pisau tidak terlalu keren, tapi untuk kekuatan dan kualitas pisaunya mantap sekali. Sampai sekarang pisau ini masih kuat gagangnya.

Pisau stenlis 

Menurut Pak Amin untuk gagang pisaunya memang menggunakan perekat yang dia rasa kuat sekali memakai bahan yang sangat berkualitas juga. Karena pada umumnya pisau selalu ada kelemahan di gagangnya, maka dari itu dia memperkuat di bagian itu agar produknya awet dan tahan lama.

Sampai sekarang pengrajin yang punya kemampuan mengelas ini masih memproduksi alat perkakas dari bahan baja dan stenlis dan di jual ke beberapa Desa di Kuningan. 

Update 11-03-2021
Produk terbaru 

Aneka Golok dari bahan Baja gagang Kayu Jati

Aneka Golok unik Kayu Jati asli 

Berminat untuk membeli
Hubungi via email :
Iklancage@gmail.com



2 komentar:

  1. Wah kuat kayaknya ya pisau pak Amin,.salam dari orang kuningan

    BalasHapus

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan