Kamis, 16 April 2020

Foto Tonggeret di bebatuan berair

Cicada, cicadidae, Serangga

Menemukan serangga yang dikenal memilki suara yang kencang yaitu tonggeret. Sepintas serangga mirip dengan lalat namun agak lebih besar sebesar ukuran jempol orang dewasa. Menurut para peneliti bahwa tonggeret berasal dari dalam tanah, dalam galeri foto di situs Wikipedia terlihat lubang-lubang kecil di tanah sebagai tanda bahwa serangga ini keluar dari pertapaannya yang memakan waktu sekitar belasan tahun. Menurut Bapak Kuwu Linggaindah dengan hadirnya tonggeret merupakan proses alam bahwa menandakan musim panas akan segera tiba.

Siklus Hidup 
Menurut video di channel Youtube Yosua Redfield siklus hidup tonggeret memakan waktu yang cukup lama tepatnya bisa memakan waktu hingga tahunan dan belasan tahun. Diketahui bahwa ada tiga jenis tonggeret yaitu :

-Jenis pertama yaitu periodik satu tahunan dimana siklus hidupnya terjadi dalam satu tahun sekali

-Jenis kedua yaitu siklus hidupnya bisa tetjadi 17 tahun.

-Jenis ketiga yaitu Protoperiodik yaitu yang bisa muncul setiap tahun atau muncul beberapa tahun kemudian dalam jumlah yang besar secara sekaligus.

Berikut beberapa fase kehidupan tonggeret dari contoh jenis kedua yaitu siklus hidupnya bisa tetjadi 17 tahun.

Fase-fase
Tonggeret dewasa akan melakukan proses kawin. Proses kawin biasanya akan terjadi di pohon, setelah lama proses perkawinan kemudian betina akan meletakan telur pada celah-celah batang pohon. Kemudian telur akan menetas berbentuk nimfa dan sudah bisa mencari makan seperti getah pohon. Jika dilihat nimfa tonggeret hampir mirip dengan seekor rayap yaitu warnanya cenderung agak bening. Lalu proses berlanjut saat nimfa tersebut secara alamiah akan menjatuhkan diri ke bawah atau tanah dan akan membuat lubang di tanah dimana didalam lubang akan berproses menjadi tonggeret muda dalam waktu hingga 17 tahun lamanya dan akan keluar dari tanah dengan sayap yang masih pendek. Proses selanjutnya akan melakukan perkawinan kembali dan begitu seterusnya.

Dengan demikian tonggeret merupakan serangga yang muncul dengan waktu fase kehidupan yang lama dan memiliki hidup dalam masa dewasa yang singkat karena setelah melakukan perkawinan beberapa minggu setelahnya tonggeret akan mati.

Semoga infonya bermanfaat, jika ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan artikel silakan beri komentar di kolom komentar. Jika sesuai maka artikel akan segera di perbaiki kembali.

Kamis 16 April 2020
Linggaindah-Kuningan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan