Minggu, 19 April 2020

Review Farm diskus di Amazon

Farm diskus di Amazon 

Artikel kali ini adalah tentang review video youtube yang di unggah oleh channel aquarist podcast dengan judul "Peruvian amazon discus farm" yang mana para team sedang menuju farm ikan discus di pedalaman hutan Amazon.

Menurut para pakar ikan hias bahwa di wilayah amazon terkenal dengan ikan hiasnya yang populer dan sampai saat ini masih menjadi incaran para hobbies. Bahkan ada sebagian ikan hias asli amazon yang sudah bisa dikembangkan di negara lain dengan cara menyesuaikan habitat aslinya.


Perjalanan team 
Video berdurasi hampir 21 menit dimulai dengan team yang menggunakan perahu bermotor ukuran sedang untuk menyebrang ke tempat farm yang akan dituju. Walaupun dalam keadaan hujan para team tetap berjalan karena lokasi ke farm lumayan agak jauh.

Team akhirnya sampai ke daratan yang dipenuhi pepohonan hijau, para team menggunakan pakaian perlengkapan khusus adventure namun sayang tidak ada satupun yang membawa payung karena di tengah perjalanan memasuki hutan hujan kembali deras.

Akhirnya sampai menit ke enam team sampai ke tujuan yaitu tempat farm ikan-ikan eksotik asli amazon yang dikelola oleh orang-orang asli disana. Karena videonya memakai Bahasa Inggris saya hanya melihat secara seksama saja tidak mengikuti alur pembicaraan team aquarist podcast :D. Namun video ini bagus sekali untuk dilihat terutama bagi para pecjnta ikan hias asli dari Amazon.

Sesampainya disana para team memasuki ruangan terbuka dan melihat ada ikan-ikan kecil eksotis hasil tangkapan yang ada dalam sebuah wadah. Tidak tahu persis apa nama ikannya namun terlihat indah dan bagus sekali dan sepertinya ikan tersebut layak dijadikan ikan hias yang bisa dikomersilkan. Jika dilihat dari bentuknya terutama pada bagian kepala ikan tersebut mirip dengan ikan corydoras yang sudah di perjual belikan di Indonesia.

Kemudian team menuju ke kolam ikan discus dan membawa peralatan seperti serok berukuran besar dan wadah kotak plastik. Kolam tidak dibuat permanen namun kolam tanah kira-kira berukuran 6x4 meter persegi. Kolam tanah terlihat kuat karena disekelilingnya ditumbuhi rerumputan.

Pemilik lahan langsung mempersiapkan kondisi untuk mulai mengambil ikan-ikan berharga tersebut dalam kolam tanah dengan mempersiapkan jaring berukuran lebar. Salah satu team berkesempatan membantu untuk proses pengambilan ikan yang tidak terlalu dalam.

Tidak sampai satu menit ikan sudah terjaring dan hasilnya ada beberapa ikan hias unggulan seperti angel fish ukuran kecil dan tentunya ikan discus. Dalam video kita bisa melihat dilokasi alam aslinya ikan discus bisa hidup sehat di kolam tanah berlumpur dan sangat agresif saat dimasukan dalam wadah.

Akhirnya singkat cerita para team pemerhati ikan hias ini kembali pulang dengan kapal membawa ikan discus berjumlah 30 ekor.  Ikan-ikan tersebut dimasukan kedalam wadah yang sudah dilengkapi dengan aerator agar tidak mabuk dalam perjalanan pulang.

Demikian artikel review video dari team channel aquarist podcast yang mengunjungi farm discus asli dari Amazon.

Semoga infonya bermanfaat..

Kuningan
Minggu 19 April 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan