Kamis, 16 Mei 2024

Tentang Ikan Dory letter six

Ikan Letter Six (Paracanthurus hepatus)/ regal tang biru atau yang lebih dikenal dengan nama Ikan Dory adalah salah satu ikan hias laut yang paling populer di dunia aquatic. Ikan ini pernah dijadikan sebagai tokoh film aninasi Disney yaitu Finding Nemo pada tahun 2003 dan Finding Dory tahun 2016.

Ikan ini terkenal dengan keindahannya yang luar biasa, dengan tubuh berwarna biru pekat yang cerah dan garis-garis hitam yang menawan. Jika diperhatikan pola warna biru hitamnya yang pekat seperti angka enam membuatnya dinamakan "letter six". 

Ikan ini senang hidup bergerombol di daerah karang yang dangkal dan dapat ditemukan pada kedalam air 0 sampai 25 meter biasanya ikan ini menyukai arus deras disekitar terumbu karang.

Domestikasi ikan letter six
Screenshot x.com BPBL Ambon

Berdasarkan info ikan pemakan alga ini banyak tersebar di laut Indonesia Timur, Pasifik Barat, hingga Samudera Hindia. Salah satu titik laut Indonesia yang mudah menemukan ikan letter six adalah laut Buton Utara hingga ke Wakatobi. Selain itu ikan ini banyak ditemui di sekitar Selayar, Ambon, Bali, Nusa Tenggara. 

Ikan ini dapat tumbuh besar sampai 31 cm dan terdapat patil pada bagian belakang tulang ekor yang mana mengandung racun, jika terkena dapat menyebabkan rasa sakit serta iritasi yang tidak nyaman bagi manusia. 

Ikan termasuk cerdas dan sering bersembunyi di karang untuk menghindari ikan-ikan predator salah satu karakter uniknya adalah ikan ini bisa berprilaku seperti “berpura-pura mati” ketika dilihat oleh predator dengan berbaring miring tanpa ada gerakan apa pun.

BPBL Ambon sudah melakukan domestikasi menggunakan kolam untuk proses penjinakan hewan dari habitat asli kedalam lingkungan terkontrol, bertujuan untuk menemukan teknologi pembenihan dan pembesarannya. Sehingga tidak lagi tergantung dari alam dan mendukung keberlanjutan lingkungan.

Dikutip dari situs Kaskus.id oleh Gatra.com pada tahun 2016 "Indonesia merupakan salah satu produsen dari lima besar eksportir ikan hias terbesar di dunia, setelah Singapura, Spanyol, Jepang dan Republik Ceko. Slamet menambahkan, perkembangan produksi ikan hias Indonesia, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan". Salah satunya adalah untuk pengembangan ikan letter six karena banyak diminati penghobi ikan hias.

Ikan Letter Six memiliki daya tarik yang memikat yaitu tampilan warna birunya yang pekat, sebelum memeliharanya penting untuk memahami kebutuhan dalam aquarium dengan mempersiapkan kelengkapan aquarium yang memadai agar ikan ini hidup nyaman saat dalam peneliharaan. 

Untuk merawatnya di dalam aquarium dibutuhkan perhatian khusus terhadap kualitas air, suhu, dan nutrisi yang diberikan. Kualitas air yang baik dan stabil sangat penting untuk kesehatan ikan. Sementara makanan yang diberikan bisa memakan rumput laut yang sudah dikeringkan dan sudah ada yang menjual seperti Nori seaweed ikan hias laut FUGU marine atau Prodac vegetable biogran marine.

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Mei 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan