Senin, 06 Mei 2024

Pengalaman ikan garrarufa tahun 2008

Artikel kali ini adalah tentang pengalaman admin mengetahui Ikan garrarufa atau doctor fish yang mana ikan ini sangat populer sebagai ikan terapi di Indonesia. Ikan pengisap ini juga sudah bisa dibudidayakan oleh para breeder di Indonesia pada tahun 2008an dan ikan yang laris dipasaran karena karakternya yang unik yaitu bisa menghampiri dan melakukan terapi isapan.

Sebelum di Indonesia dan negara-negara lain mengenal ikan ini sebagai ikan terapi di Turki sudah memanfaatkannya terlebih dahulu tepatnya di Provinsi Sivas sehingga fenomena ikan terapi spa ini ada, dikutip dari halaman situs itmedicalteam.pl yang sudah diterjemahkan Penduduk asli Turki telah dan masih menggunakan ikan G. rufa untuk menyembuhkan penyakit kulit serta menyegarkan kulit selama lebih dari 200 tahun.

Ikan ini secara alamiah memakan alga yang berada dibebatuan dalam air dihabitat aslinya atau jika dipelihara dalam aquarium kita bisa memberikan makanan lain seperti cacing sutra bahkan pelet ikan, akan tetapi ikan ini bisa berinteraksi cepat pada tubuh manusia tanpa takut bahkan datang sendiri untuk mengisap dengan gigitan kecilnya sehingga menimbulkan efek terapi.

Sekitar pada tahun 2008 ikan ini diperkenalkan dan dijual di beberapa toko ikan hias seperti di toko ikan hias Kelapa Gading di Jalan Pelepah Raya Jakarta Utara. Ikan ini dipajang dalam aquarium dan diisi dalam jumlah banyak kemungkinan ratusan ekor dalam satu aquarium.

Sebagai perkenalan ikan jenis baru ini para pedagang bisa mendemokan langsung kepada pelanggannya bahwa ikan impor ini bisa dijadikan terapi dan akan mengerubungi tangan yang dimasukan dalam air aquarium berisi ratusan ikan garrarufa. Menariknya ikan-ikan garrarufa dalam aquarium langsung keatas menuju tangan yang dicelupkan dan mengisap secara serentak bersamaan.

Pada waktu itu ikan ini dihargai sangat mahal yaitu Rp. 10 ribu perekornya, admin sendiri membeli 4 ekor untuk hiburan dan penghias aquarium toples yang menganggur dan mengamati ikan yang berkarakter sangat unik ini.

Selang beberapa waktu ikan ini semakin populer sebagai ikan terapi dan ada beberapa media cetak seperti tabloid yang memberikan info bahwa ikan ini dapat dijadikan peluang usaha yang menguntungkan seperti jasa terapi ikan.

Jasa terapi ikan ini dapat menarik perhatian orang-orang yang ingin merasakan isapan kecil garrarufa untuk membersihkan kulit mati seperti disekitar bagian kaki. Tempat untuk terapi ikan ini bisa ditemukan di mall-mall dan beberapa obyek wisata di daerah seperti yang ada kawasan wisata Linggarjati di Kuningan Jawa Barat.

Praktek terapi ikan ini biasanya memakai lahan yang tidak begitu luas yaitu menggunakan aquarium berukuran besar yang mana akan memudahkan orang -orang yang akan melakukan terapi biasanya berada di pusat perbelanjaan mall, dan ada juga yang menggunakan kolam berukuran besar seperti taman rekreasi yang mana untuk menghibur para pengunjung.

Menurut admin sendiri keberadaan ikan garrarufa ini sangat menarik terutama dari segi peluang usaha dan membawa berkah karena pengelola usaha jasa terapi ikan dan para pembudidayanya bisa mendapatkan pendapatan yang lumayan besar.

Sementara dari segi kesehatan berdasarkan info dari situs web dokter bahwa terapi ikan ini kemungkinan sangat besar dapat menularkan penyakit dan resiko infeksi pada kulit karena ikan ini mengisap dari kulit banyak orang-orang yang melakukan terapi.

Ada baiknya jika ingin melakukan hiburan terapi dengan ikan ini untuk keperluan sendiri saja dan bersihkan wadah dan mengganti air secara berkala agar selalu bersih, juga berikan ikan garrarufa dengan makanan yang layak seperti alga sebagai makanan alaminya. Perlu diketahui juga bahwa untuk melakukan terapi dengan ikan garrarufa ini jangan terlalu lama cukup beberapa menit saja sebagai hiburan dan relaksasi.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Mei 2024


Artikel terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan