Minggu, 05 Mei 2024

koi hudielong ( HU DIE LONG)

Artikel kali ini adalah tentang koi hudielong (Hu Die Long) atau disebut juga dengan butterfly koi. Ikan hias koi asal peternakan di Fushan Taiwan ini memiliki perawakan tubuh yang serba melebar seperti sirip renang (dayung) dan pada bagian ekor serta warna dan coraknya juga sangat menarik perhatian seperti warna platinum polos dan perpaduan warna lainnya yang terlihat eksotis.



Menurut admin sepintas koi hudielong mirip dengan ikan mas kumpay atau ikan maskoki namun yang membedakannya adalah pada bagian kepalanya yaitu agak cenderung membulat dan terdapat jambul-jambul halus di sekitar atas mulutnya serta kumis ikan terlihat menjuntai panjang kebawah seperti gambaran naga di China saat sudah berukuran dewasa.

Berdasarkan info dari Venus aquatics ikan hias yang sedang populer dikalangan penghobi ikan hias di Indonesia ini bisa berukuran besar dan kriteria ikan yang bagus adalah perawakan tubuhnya cenderung bulat atau short body dan ketersediannya sangat terbatas sekali. Ikan koi hudielong ini merupakan kawin silang dan akan terus dikembangkan untuk menghasilkan ikan yang diminati.

Sesuai dengan ikan yang bisa berpotensi tumbuh jumbo Ikan koi jenis baru ini cocok sekali dipelihara dalam kolam-kolam di lingkungan outdoor rumah atau di aquarium berukuran besar, alasannya adalah karena jika berada dalam tempat yang kecil pertumbuhannya akan kurang maksimal.

Pemberian pakan dengan protein tinggi seperti maggot dan pelet pabrikan berkualitas sangat direkomendasikan karena dapat mendukung pertumbuhan ikan agar lebih optimal dan mengeluarkan warna pada sisi yang lebih cerah terutama jika terdapat warna merah pada ikan koi hudielong.

Ikan hasil selective breeding di China dan Taiwan ini termasuk ikan yang banyak dicari oleh penghobi ikan hias dan keberadaannya masih sangat jarang ditemukan dibeberapa toko ikan hias, untuk mendapatkannya ini kita bisa memesannya di importir ikan hias seperti di Venus aquatics atau marketplace online.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Mei 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan