Minggu, 09 April 2023

Tentang ikan Endemik

Ikan endemik adalah ikan asli dari daerah ikan tersebut berada dan ikan endemik ini harus dijaga dari kepunahan dan perlu dilestarikan keberadaannya. 

Berdasarkan info dari situs kkp.go.id bahwa faktor yang menentukan ikan diantaranya faktor fisik, iklim dan biologis dapat menyebabkan endemisnya ikan tersebut, isolasi geografi yang dialami dan tantangan ruang hidupnya menyebabkan organisme tersebut menjadi khas.

Menurut pantauan admin blog dc bahwa ikan endemik disukai oleh para pecinta ikan hias biasanya sebagai koleksi karena bangga bisa memiliki ikan tersebut yang jauh dari tempat asalnya tinggal.

Dari beberapa ikan endemik ada yang bisa di budidayakan diberbagai daerah dan negara seperti contoh sederhana yaitu ikan neon tetra dan Cardinal tetra asal Sungai Amazon Amerika Selatan bisa di budidayakan di Indonesia.

Berikut adalah beberapa contoh sederhana yang bisa admin blog dc tulis jenis ikan endemik yang sudah mendapat label ikan hias dari beberapa daerah dan negara.


INDONESIA

Ikan Arwana superred merupakan ikan kebanggaan Indonesia dan sudah mendunia  memiliki nilai tinggi di pasaran dalam negeri dan luar negeri, salah satu tokoh ikan Arwana Superred yang masih menjaga kemurnian genetik ikan Arwana Superred adalah Suk Eng Pang yang memelihara dan membudidayakannya di Cibinong Bogor.


Botia badut

Ikan Botia Macrachanta ( clown fish/ clown loach) merupakan ikan endemik Indonesia yang berasal dari perairan sungai kalimantan dan Sumatra. Ikan bernilai ekonomis tinggi ini diminati oleh penghobi ikan hias dari dalam dan luar negeri karena warnanya yang memikat dan cocok di jadikan penghuni aquarium aquascape. 

Karakternya juga unik saat dipelihara dalam aquarium yaitu senang bergerombol dengan temannya sesama botia dan sesekali terlihat tergeletak  seperti pingsan didasar aquarium.

Ratu ikan hias air tawar primadona ekspor  ini kini sudah bisa ditangkarkan diluar habitat aslinya yaitu dengan cara kawin suntik oleh ahli perikanan di lembaga BRBIH ( Balai Riset Budidaya Ikan Hias) di Depok Jawa Barat.


India

Puntius Denisoni

Ikan dengan nama Puntius Denisoni merupakan ikan hias yang sangat populer dan merupakan komoditas ekspor yang terbilang cukup tinggi. Ikan hias ini memiliki warna yang sangat cerah terutama pada garis merah yang amat terang dan juga di sebut red line torpedo barb. 

Ikan endemik asal India ini sangat cantik dan menurut info pengambilan secara liar sudah tidak diperbolehkan lagi sampai batas waktu yang ditentukan karena di khawatirkan akan punah. Ikan eksotis ini dapat ditemui ditempas asalnya yaitu di Sungai Bharathapuzha di Kerala, India Selatan.


Semoga artikel tentang ikan endemik ini bermanfaat dan membantu.


Kuningan April 2023



Artikel terkait

Fakta ikan Botia macrachantus tiger / badut 

Fakta ikan puntius Denisoni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan