Sabtu, 23 Maret 2024

Peluang bisnis menjual ikan hias

Ikan hias
Ikan hias

Artikel kali ini adalah tentang peluang bisnis menjual ikan hias secara online. Saat ini bisnis menggunakan jaringan internet dapat dilakukan oleh siapapun bahkan cenderung terus berkembang. 

Menurut pantauan admin bahwa sekarang orang-orang sudah terbiasa dengan media sosial dan marketplace, dimana membeli sesuatu dapat dilakukan dengan cepat apalagi sekarang terdapat kurir yang mendukung mengantar barang tersebut sampai ketempat tujuan.

Jadi, memulai bisnis penjualan ikan hias dan perlengkapannya secara online adalah sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan, dan perlu dipelajari.

Mengapa Bisnis Ikan Hias?
Menurut pantauan admin bisnis ikan hias menawarkan berbagai keuntungan dan permintaan pasar yang lumayan tinggi ikan hias seperti cupang, guppy, koi dan neon tetra selalu dicari oleh para penghobi ikan. Dengan modal awal yang terbilang minim, rekan pembaca bisa mendapatkan keuntungan hingga dua kali lipat.

Ikan hias merupakan obyek menarik bagi siapa saja yang melihat, karena itu ikan yang sudah di label hias ini selalu menjadi perhatian.

Komoditi ikan hias sampai sekarang masih terus berjalan terutama untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang senang dan hobi memelihara ikan hias.

mengapa orang membeli ikan hias ? berikut alasannya :

1. Orang akan membeli ikan hias karena butuh suasana rileksasi untuk dirinya sendiri dan  bersama keluarganya.

2. Karena di rumahnya ada aquarium yang mengangur makanya perlu ada ikan hias yang bisa dipelihara.

3. Ikan hias dirumah mengalami kematian dan harus di beli lagi yang baru

4. Karena mereka sudah ada bakat hobi memelihara ikan untuk memeliharanya.

5. Senang budidaya perikanan sehingga mereka membeli indukan ikan di toko untuk berusaha dan memijahkan sendiri.

6. Membeli ikan hias yang unik lalu dibesarkan yang kemudian bisa disewakan untuk acara tertentu sebagai hiasan.

7. Sebagai bagian dari gaya hidup memelihara ikan yang sedang trending.

8. Ingin mempelajari karakter ikan hias yang dibelinya lalu di dokumentasikan melalui video lalu di upload ke situs Youtube, maka peluang videonya di monetasikan bisa terbuka lebar, karena video tentang ikan hias banyak sekali yang menonton.

9. Membeli anakan ikan untuk usaha pembesaran yang memiliki peluang untuk diekspor dan nilai jual lebih tinggi nantinya. Tentunya mereka dalam usaha ini akan memberikan makanan untuk pencerah warna, biasanya ikan hias seperti diskus atau koi. 

10. Membeli ikan hias dapat juga dijadikan sebuah peluang usaha.

11. Peliharaan yang aman (terlindung aquarium) dan tidak mengeluarkan suara seakan sunyi namun powerfull sebagai hiasan ruangan terutama pada ruang berkumpul keluarga. 

12. Melatih diri sendiri agar lebih disiplin dan bertanggung jawab semisal memberikan pakan yang sesuai dengan ikan hias yang dipelihara.

Melihat alasan diatas memulai usaha ikan hias cukup diperhitungkan walaupun bukan kebutuhan utama, namun menjadi kebutuhan yang menyenangkan bagi para penghobi ikan.

Membeli ikan hias dengan harga murah
Sebagai contoh adalah kita bisa membeli ikan hias dari sentra petani ikan di daerah terdekat dari lokasi kita atau membeli di pasar ikan hias.

Membeli ragam ikan hias di sentranya akan dihargai lebih murah. Berdasarkan pengalaman admin yang pernah membeli ratusan ekor ikan cardinal tetra di daerah Depok yang merupakan sentra ikan jenia tetra terbesar di Indonesia dihargai sangat murah (harga grosir) dan kita bisa menjual kembali untuk mengambil keuntungan.

Hal yang terpenting adalah kita sudah menyediakan perlengkapan untuk menampung ikan hias yang sudah dibeli seperti aquarium dan perlengkapannya, minimal satu buah aquarium yang dapat sesuaikan dengan kapasitas pembelian ikan.

Pemasaran online
Dengan strategi pemasaran yang tepat kita bisa menjangkau pembeli dari berbagai daerah misalnya dengan membuat situs website. Buatlah website yang menarik dengan katalog ikan hias yang akan dijual.
Gunakan kata kunci yang tepat dan buat konten yang SEO friendly untuk meningkatkan visibilitas online.

Setelah membuat website kita bisa memaanfaatkan media sosial untuk promosi dan interaksi dengan calon pembeli atau bisa membuat akun marketplace. Tambahkan foto dan video ikan hias yang akan menarik perhatian pembeli dan berikan layanan Pelanggan yang cepat dan responsif agar terjadi transaksi.

Untuk pembuatan akun marketplace seperti Tokopedia untuk pertama kali perlu melihat panduannya di Youtube karena ada opsi pilihan yang perlu dikuasai, jadi kita bisa melihat panduannya secara detail, atau bisa juga meminta bantuan pada orang-orang yang sudah paham cara membuat toko online di markerplace.

Sementara panduan untuk menjual ikan hias sudah ada di Youtube yang mana sudah ada praktisi yang sudah sukses menjalankannya sampai sekarang, yang terpenting adalah kita bisa konsisten menjalankan usaha ikan hias ini.

Dengan demikian bisnis penjualan ikan hias secara online adalah peluang usaha yang tidak hanya menguntungkan tetapi juga menyenangkan. Dengan strategi yang tepat perlahan kita bisa mengembangkan bisnis ini menjadi sumber pendapatan yang lumayan menguntungkan.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Maret 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan