Jumat, 23 Agustus 2019

Manfaat daun ketapang untuk ikan Hias peliharaan

Seperti kita ketahui bahwa daun ketapang sangat bermanfaat untuk air dalam pemeliharaan ikan hias seperti memanipulasi air aquarium agar kondisinya sama seperti alam aslinya.

Contohnya peternak ikan Hias di bogor menggunakan daun ketapang untuk pemijahan ikan neon tetra, dan hasilnya para peternak sukses dan berhasil dalam membudidayakannya. Padahal ikan neon asalnya bukan dari perairan Indonesia.

Menurut beberapa sumber yang menjual daun ini di marketplace, kriteria daun ketapang yang baik adalah daun yang sudah kering secara alami yaitu melalui proses daun yang sudah berguguran.

Selain untuk sarana pendukung pemijahan terutama ikan hias impor, masih ada lagi fungsi lainnya seperti :

-bisa mengobati ikan hias yang terkena penyakit jamur.

-efektif untuk menurunkan ph air maupun menstabilkannya.

-menurut beberapa sumber rendaman daun ketapang dalam aquarium dapat memperindah sisik ikan hias.

Dengan demikian itulah beberapa manfaat daun ketapang yang mana ada peranan penting dalam budidaya ikan hias dan dapat menyehatkan juga.

Namun dalam penggunaannya diharapkan jangan terlalu berlebihan karena bisa juga akan berakibat kurang bagus atau fatal bagi ikan. Sesuaikan dengan takaran dan volume air dalam wadah aquarium. Umumnya 3 daun kering sudah cukup.

Pengalaman pakai 
blog deni cage
Daun ketapang di ikat tali


Daun ketapang juga pernah saya gunakan untuk ikan berjumlah 15 ekor yang dipelihara dalam kolam bioflok ukuran diameter 3 dan diisi air dengan ketinggian 25 cm hasilnya ikan normal tampak sehat. Karena kolam berukuran luas tidak seperti wadah aquarium, warna air tidak menjadi kuning. Cara pakai adalah daun yang dibeli dalam paket kemasan yang berisi daun ketapang kering berjumlah lebih dari 10 daun diikat semuanya dan langsung ditaruh dalam kolam bioflok. 

Semoga artikel sederhana ini dapat membantu bagi rekan-rekan semua yang tertarik memakai bahan alami untuk pemeliharaan ikan hias.

4 komentar:

  1. Gan, di aquarium saya campur ada ikan guppy, neon tetra, cory. Aman kah klo dikasih daun ketapang ? Mohon info nya. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan aman mas, Kalau bisa coba dulu 3 ikat di taruh di aquarium. Kalau neon tetra sudah banyak yang coba cocok diberi daun ketapang biar sehat ikannya, lalu kalau ikan guppy juga sudah ada yang coba dan ikan tampak sehat, lalu untuk ikan corydoras saya belum lihat videonya, tapi coba aja 3 lembar dulu mas untuk aquarium ukuran sedang lumayan efeknya untuk kesehatan ikan.

      Perlu diketahui juga daun ketapang bisa menurunkan ph air mas, jadi perlu di cek juga pakai alat ukur ph, Soalnya ada tiga jenis ikan yang beda..

      Semoga dapat membantu mas..

      Hapus
  2. Mudah-mudahan aman mas, Kalau bisa coba dulu 3 ikat di taruh di aquarium. Kalau neon tetra sudah banyak yang coba cocok diberi daun ketapang biar sehat ikannya, lalu kalau ikan guppy juga sudah ada yang coba dan ikan tampak sehat, lalu untuk ikan corydoras saya belum lihat videonya, tapi coba aja 3 lembar dulu mas untuk aquarium ukuran sedang lumayan efeknya untuk kesehatan ikan.

    Perlu diketahui juga daun ketapang bisa menurunkan ph air mas, jadi perlu di cek juga pakai alat ukur ph, Soalnya ada tiga jenis ikan yang beda..

    Semoga dapat membantu mas..

    BalasHapus
  3. daun ketapang memang ampuh dan efektif untuk menurunkan ph air dengan cepat

    BalasHapus

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan