Rabu, 07 Agustus 2019

Pengalaman mengatasi ikan neon tetra mabuk




Ikan neon tetra merupakan ikan hias populer di Indonesia sampai sekarang peminatnya kemungkinan besar akan terus bertambah.

Kata orang-orang yang sudah memelihara warna neon khasnya dapat membantu menghilangkan stress.

Akan tetapi ikan ini juga sangat lemah fisiknya terutama jika airnya mulai mengandung amoniak.

Para penghobi ikan hias harus telaten dalam perawatannya terutama dalam pemberian makan yang pas dan tidak terlalu banyak agar kualitas air dalam aquarium selalu tetap segar. Dengan demikian ikan neon tetra akan selalu aktif dan lincah.

Usahakan saat sisa pakan terkumpul di aquarium segera dibersihkan dan tambahkan dengan air baru kembali sesuai dengan air yang dikeluarkan.


Pengalaman mengatasi neon tetra mabuk
Kondisi air yang sudah tidak berkualitas akibat sisa makanan yang tidak dibersihkan dapat membuat ikan neon tetra mabuk dan bisa menyebabkan ikan peliharaan kita  tidak dalam keadaan normal.

Biasanya seperti berada di dasar aquarium sambil memiringkan tubuhnya dan masih ada tanda-tanda kehidupan seperti megap megap dan kejang kejang.

Jika kita melihat ada sebagian ikan neon tetra yang seperti keterangan diatas.

maka kita harus cepat ambil tindakan yaitu cepat ganti airnya full dengan yang baru.

Sebelumnya ikan yang normal dan mabuk disaring dan ditaruh dalam wadah penyimpanan sementara dengan air yang baru.

Bila perlu aerasikan juga, tetapi kalau tidak sempat tidak apa-apa yang penting jangan terlalu lama juga.

Diwaktu yang bersamaan cepat bilas aquarium dengan bersih pakai air saja tidak disarankan pakai sabun dan lainnya cukup pakai air. Kalau ukuran aquariumnya sedang membutuhkan waktu kurang lebih 3 menit.

Setelah itu, lalu pindahkan semua ikan neon tetra yang mabuk dan normal ke dalam aquarium yang sudah fresh tadi nyalakan aerator di bagian tengah aquarium agar ikan yang mabuk tidak melayang layang.

Insya Allah kira-kira 10 menit ikan yang mabuk tadi sudah normal kembali dan berkoloni dengan ikan neon tetra yang lain akan tetapi biasanya belum mau makan.

Itulah pengalaman saya pribadi saat memberikan pertolongan pada ikan neon tetra yang sedang mabuk dan kejang di aquarium akibat lupa membersihkan aquarium sehingga airnya kotor dan bau.

Intinya ternyata ikan ini bisa pulih kembali dengan tambahan air yang segar full 1 aquarium dengan bantuan aerator untuk memulihkan keadaannya.

Sebagai info saya memakai aqurium sedang vertikal ukuran 15 cm x 25 cm x 40 cm sesuai foto diatas. Jadi pengurasannya cepat.

Semoga artikelnya bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan