Minggu, 04 Agustus 2019

Menceri solusi tentang populasi ikan Golsom di kolam

Ikan golsom di kolam-kolam ikan semakin hari semakin berkembang dan selalu menjadi predator anakan ikan nila, tidak tahu kapan munculnya ikan ini  yang jelas pemilik kolam kurang senang dengan ikan golsom karena memang tidak laku untuk dijual :D.

Hampir setiap kolam di daerah Kuningan selalu ada golsom dan kalau pada waktunya kolam itu dikuras maka ikan golsom ikut diambil agar dipisahkan dari kolam ikan komersil.

Akan tetapi walaupun sudah banyak yang diambil tetap saja dalam jangka beberapa bulan populasi ikan golsom ada lagi dikolam.

Ikan siklid ini memang hampir sama dengan ikan nila dalam hal perkawinan yaitu dapat berkembang biak dengan cepat hanya yang membedakan yang satu kurang laku untuk dijual dipasar.

Ikan golsom merah
Pengalaman pribadi sekitar tahun 2005 an saat pergi ke toko ikan hias Kelapa Gading bersama teman (Barlie) di pusat penjualan ikan hias dekat Goro pada waktu itu pernah bertanya pada pemilik toko apakah ada ikan golsom ?

Pemilik toko bilang ada tapi yang buntutnya warna merah harganya mahal bisa mencapai ratusan ribu tepatnya 250 ribu.

Wah kita kaget juga kok yang merah mahal ya, barang kali bisa menemukan ikan golsom merah berarti bisa dijual mahal :D.

Tapi memang dari sekumpulan populasinya memang jarang ada yang warna merah paling banyak warna kuning dan oranye.

Sampai sekarang baru melihat yang ekornya merah dan itu hanya satu di kolam (mudah-mudahan ) benar dan masih dibiarkan sampai sekarang, bisa dilihat videonya di bawah ini.


Kembali lagi ke permasalahan,..mengenai ikan golsom yang sekarang banyak sekali populasinya di kolam-kolam ikan dan sementara ini belum ada solusi bagaimana cara agar ikan ini tidak ada lagi di kolam.

Kalau saya pribadi ada usulan jika pada saat ada panen ikan dikolam ikan golsom ini bisa dijadikan ikan olahan yaitu dijadikan ikan asin atau bahan konsentrat dijadikan bubuk ikan (tepung) untuk bahan baku pakan ternak.

Mudah-mudahan dengan cara ini kalau hasilnya bagus maka ikan ini juga bisa bermanfaat dalam bentuk olahan dan tentunya ada nilai tambah.

Semoga artikelnya bermanfaat dan menginspirasi.

Catatan :
Ikan golsom juga laku sebagai ikan hias yang banyak diperjual belikan secara online. Karena ada sebagian orang yang senang dan penggemar dengan ikan jenis siklid.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan