Jumat, 30 Agustus 2019

Ciri induk nila mengeram anaknya

Ikan nila selalu mengeram anaknya dalam mulut, yang menandakan bahwa induk ikan nila senantiasa menjaga agar anak-anaknya tidak dimangsa oleh ikan lain yang bersifat predator.

Ciri induk nila mengeram (mouth breeder)
Cirinya adalah warna ikan akan menjadi agak belang seperti ada guratan garis berwarna agak hitam dan jelas sekali terlihat kebetulan saya pribadi melihat dari jenis nila yang berwarna abu abu.

Lalu sering ada di permukaan air dan sesekali kalau wilayahnya belum aman akan menjaga dan sangat agresif sekali ketika ada ikan lain yang tidak sengaja datang menghampiri.

Jika keadaan sudah dirasa cukup aman maka indukan nila akan mengeluarkan anak-anaknya. Dalam hitungan beberapa menit anakan kembali masuk dalam mulut induknya.

Kebiasaan ini menurut saya pribadi sepertinya berlangsung beberapa minggu saja karena ukuran anakan akan semakin berkembang dan indukan nila betina bisa merelakan anak-anaknya yang berjumlah sangat banyak untuk mencari makan sendiri tanpa harus didampingi lagi dari para ikan predator.

Semoga artikel berdasarkan pengalaman ini dapat bermanfaat, jika sekiranya ada yang kurang  maka rekan pembaca bisa menambahkan melalui komentar di blog ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan