Kamis, 25 April 2024

Bubu ikan modern jaring kerangka galvanis

Bubu ikan adalah alat tangkap ikan yang ramah lingkungan yang masih banyak digunakan oleh nelayan dan orang-orang yang hobi menangkap ikan menggunakan perangkap dengan memasukan umpan jitu sebagai pengundang ikan yang berada didalam perairan.

Pada awalnya bubu ikan dibuat dari anyaman bahan-bahan alami seperti potongan-potongan bambu yang memiliki bentuk silinder atau kerucut dengan satu pintu masuk yang berbentuk corong. Menariknya corong sebagai pintu awal masuk ikan memungkinkan ikan masuk ke dalam bubu namun sulit untuk keluar kembali.

Cara pemakaian
Bubu ikan biasanya dipasang di perairan yang tenang seperti perairan sungai atau disekitar pesisir pantai dengan memasukan umpan racikan jitu pada bagian dalam bubu untuk mengundang ikan. Kemudian bubu didiamkan selama beberapa jam, biasanya jika perairan tersebut merupakan spot berkumpulnya ikan kemungkinan besar akan banyak ikan yang masuk dalam bubu.

Bubu ikan modern

Bubu ikan modern

Foto diatas adalah bubu ikan modern 8 lubang menggunakan sistem resleting sehingga dapat dengan mudah untuk mengambil ikan yang masuk dalam bubu, kerangka bubu dibuat dengan bahan galvanis yang tahan lama terhadap korosi yang dibeli di toko perlengkapan plastik dan jaring di daerah Panjunan Cirebon.


Berdasarkan pengalaman admin ikan seperti beunteur, mas kancra, nila dan nilem bahkan kepiting yuyu bisa dengan mudah masuk dalam perangkap ikan ini. Bubu modern ini sangat direkomendasikan untuk menangkap ikan dikolam atau disungai karena sangat mudah menggunakannya.

Tips, agar alat ini awet usahakan selalu dalam keadaan kering saat disimpan dan taruh ditempat yang kering.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan April 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan