Selasa, 23 April 2024

Beberapa pertanyaan terkait ikan discus

Artikel berikut adalah tentang beberapa pertanyaan pilihan yang sering dicari oleh para penghobi ikan hias seperti ikan discus terutama bagi pemula. Info didapatkan dari beberapa situs luar negeri seperti nextaaqua.com yang merupakan situs penjualan ikan discus asal India yang menghasilkan ikan-ikan discus hibrida berkualitas unggulan. 

Ikan discus merupakan ikan hias air tawar yang berharga mahal dipasaran maka penting sekali untuk merawatnya dengan baik seperti menghidari stres pada ikan yang dapat menyebabkan warna ikan tersebut terlihat buram.

Berikut adalah tanya jawab yang sering ditanyakan oleh calon pemelihara discus. 

Makanan ikan discus yang terbaik?

Beberapa sumber vitamin terbaik untuk ikan discus adalah krustasea, sayuran, dan alga. Cacing darah yang sebenarnya merupakan tahap larva nyamuk merupakan jenis makanan yang sangat populer bagi ikan discus. Cacing darah kaya akan protein dan dapat diberikan dalam keadaan hidup, beku, dan/atau kering beku.
(Myrtlediscusbeach.com)

Apakah ikan discus sensitiv?

Diskus sangat sensitif terhadap amonia, nitrit, serta perubahan suhu dan kualitas air.
(Liveaquaria.com)

Ikan apa saja yang cocok dipelihara dengan ikan discus?

Ada banyak jenis ikan yang bisa dipelihara dengan ikan discus. Beberapa contohnya adalah tetra, Angels, dan loaches.(nextaaqua.com)

Perilaku ikan discus?

Ikan discus adalah spesies ikan yang sangat menarik dan cerdas. Berbeda dengan jenis cichlid lainnya, ikan discus sebenarnya cukup sosial dan bisa dipelihara secara berkelompok. Namun, penting untuk memelihara hanya satu pejantan per akuarium karena mereka akan bertarung jika ada lebih dari satu pejantan. (nextaaqua.com)

Berapakah lama umur ikan discus?

Umur ikan discus sekitar 15 sampai 20 tahun. Ikan ini dapat berumur panjang jika dirawat dengan baik dan dipelihara dalam lingkungan yang sesuai dengan kebutuhannya. 
(nextaaqua.com)

Seberapa sering memberikan pakan ikan discus?

Penting untuk memberi makan ikan discus dengan makanan yang mirip dengan habitat aslinya. Penting juga untuk tidak memberi mereka makan secara berlebihan, karena makan terlalu banyak dapat menyebabkan kembung. 
(nextaaqua.com)

Sebagai info tambahan selain mengetahui karakter dan perilakunya, dikutip dari artikel situs nextaqua.com bahwa pemeliharaan ikan ini agar optimal adalah setelah mereka mencapai kematangan, dengan panjang sekitar 4 inci, makanan mereka harus mengandung 40% protein yang dicampur dengan 60% bahan nabati seperti serpihan spirulina atau pelet sayuran.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan April 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan