Senin, 01 April 2024

Ikan kerapu bebek

Artikel kali ini adalah tentang ikan kerapu bebek yang merupakan salah satu jenis ikan laut yang populer di Indonesia. Ikan kerapu bebek (Chromileptes altivelis) atau biasa disebut kerapu tikus memiliki bentuk tubuh yang khas yaitu terdapat dengan bintik atau totol pada seluruh tubuhnya.


Menurut info bahwa ikan kerapu bebek terbiasa hidup di perairan laut yang terdapat dilingkungan karang sehingga sering dikenal sebagai ikan karang. Di habitat aslinya ikan kerapu ini hidup diperairan yang dangkal bahkan dikedalaman 100 meter.

Permintaan pasar akan kerapu bebek cukup tinggi baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ikan ini sangat berpeluang dibudidayakan karenakan rasa dagingnya yang enak serta kaya nutrisi 

Harga jual kerapu bebek sangat ekonomis dan relatif tinggi, ikan ini bisa dijual dengan harga Rp 350.000 per kilogram, berdasarkan info dari situs berita kontan.co.id.

Permintaan pasar yang tinggi membuat pengusaha tertarik untuk membudidayakannya. Saat ini ikan kerapu bebek dibudidaya dengan metode seperti keramba jaring apung salah satu lokasi pembesaran dapat ditemukan di daerah Mutun, Lampung dan beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Ideal untuk membudidayakan adalah sebisa mungkin diserupakan dengan habitat aslinya dan pilih lokasi pembesaran yang minim ombak karena ikan ini mudah sekali mengalami stres yang berakibat selera makannya berkurang.

Pembesaran ikan kerapu bebek dari ukuran benih membutuhkan waktu selama 1,5 tahun, jika pemeliharanya baik sesuai standar maka bobot ikan bisa mencapai 1 kilogram perekor dan diperuntukan untuk pasar ekspor ke luar negeri seperti Hongkong.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan April 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan