Senin, 08 April 2024

Pemijahan alami ikan mahseer sederhana

Ikan mahseer merupakan ikan air tawar yang diminati dan permintaan akan ikan ini terbilang tinggi baik pasar lokal atau luar negeri. Ikan yang juga disebut "Java Salmon" ini sangat berpeluang untuk diekspor keluar negeri sehingga membuka peluang usaha bagi para pembudidaya. 

Perlu diketahui juga bahwa ikan mahseer termasuk jenis yang dilindungi di beberapa daerah termasuk di Indonesia. Oleh karena itu ikan mahseer yang berasal dari budidaya sangat disarankan karena salah satu upaya untuk melestarikannya.

Dengan memanfaatkan potensi alam di beberapa daerah di Indonesia yang subur budidaya ikan mahseer dapat dilakukan pemijahan secara alami dan sangat sederhana untuk perbanyakan keturunannya.

Budidaya ikan masheer  dapat dilakukan oleh siapa saja, dengan mengikuti cara yang tepat dan melakukan pemeliharaan yang optimal, budidaya ikan masheer dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Berikut adalah cara membudidayakan ikan masheer secara alami berdasarkan informasi dari channel Youtube Dodo Ahda:

Praktek pemijahan sederhana


Pilih lokasi kolam untuk pemijahan ikan yang memiliki sumber air yang bersih dan mengalir. Kolam untuk pemijahan dengan ukuran yang sesuai dengan jumlah induk yang akan dipijahkan antara 12 meter persegi lengkap dengan kurasan di dasar kolam untuk memudahkan proses pembuangan air. 

Menurut praktisi di Kuningan kolam pemijahan harus memiliki kedalaman sekitar 30 cm.

Substrat media telur ikan
Screenshot Dodo Ahda channel
Substrat media telur ikan

Sediakan substrat di kolam untuk tempat ikan masheer bersembunyi dan melakukan perkawinan, biasanya substrat menggunakan rumpon atau tali-tali halus untuk menempelkan telur. 

Kebutuhan induk untuk pemijahan dibutuhkan 7 induk Jantan dan 3 induk betina, jika sudah dipersiapkan alat-alat pemijahan, maka indukan boleh dimasukan kedalam kolam secara bersamaan.

Menurut Bapak Dodo Ahda pemijahan alami ikan Mahseer ini hampir sama dengan pemijahan ikan mas secara alami pada umumnya.

Budidaya ikan mahseer dengan cara alami dan sederhana ini dapat dilakukan jika persyaratan ukuran kolam dan indukan yang sudah matang gonad terpenuhi.

Agar lebih jelas rekan pembaca bisa melihat video diatas yang mana tata cara pemijahannya sudah diterapkan secara detail. Sebagai info admin sendiri pernah membeli anakan ikan Mahseer jenis tor soro di farm Dodo Ahda di Desa Cibinuang Kuningan.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan April 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan