Senin, 15 April 2024

Cardinal tetra sungai Amazon



Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang di dunia dan terkenal dengan hutan hujannya yang lebat dan airnya yang cokelat kehitaman. Sungai ini menyimpan kekayaan alam yang luar biasa, termasuk keanekaragaman ikan hias yang eksotis.

Sungai Amazon merupakan tempat bagi lebih dari ribuan keanekaragaman jenis ikan air tawar, Ikan-ikan ini hidup di berbagai habitat seperti air yang jernih hingga air yang agak keruh (black water). Seperti Sungai Rio Negro yang berair keruh mengandung tanin yang merupakan senyawa polifenol zat tersebut ditemukan di berbagai tanaman, termasuk ranting pohon dan daun.

Tangkapan alam Cardinal tetra anak sungai Amazon (Rio Negro)
Menurut artikel dari situs web panda.org ada 3000 jenis ikan yang berada di sungai Amazon, termasuk diantaranya ikan-ikan hias yang saat ini menghiasi aquarium para penghobi ikan hias dari seluruh dunia.

Keanekragaman ikan hias di sungai ini membuat perdagangan ikan asli dari anak sungai Amazon Rio Negro sejak tahun 1950an, bahkan bisa dikatakan industri ikan hias ini sudah  internasional dan salah satu ikan yang paling banyak diminati pasar adalah ikan cardinal tetra.

Ikan cardinal tetra tangkapan alam asli sungai Amazon ini menjadi ikon dan mendapat perhatian dunia, ikan tropis cantik ini diminati oleh penghobi ikan hias terutama di Amerika dan negara-negara Eropa bahkan di Indonesia. 

Dikutip dari situs web projectpiaba.org "sekitar 80% perdagangan perikanan rakyat di Rio Negro hanya terdiri dari spesies tunggal ini meskipun ratusan spesies lain terdapat di wilayah ini". Pada umumnya komunitas nelayan seperti di Desa Daracua negara bagian Amazonas di Brasil mencari ikan eksotis khususnya cardinal tetra sebagai perdagangan ikan aquarium.

Pencarian ikan cardinal tetra dialam liar ini sangat menantang yaitu para nelayan menggunakan perahu kayu dilengkapi alat tangkap jaring ringan berukuran besar untuk menyerok ikan dan menelusuri tiap perairan sungai untuk mendapatkan ribuan ekor yang kemudian akan dikumpulkan dan dijual. 

Ikan cardinal tetra tersebut diangkut melalui jalur kapal angkut boat yang menuju ke eksportir ikan hias di Brasil yang akan mendistribusikan kepada kebutuhan pasar akan ikan hias di seluruh dunia.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan April 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan