Minggu, 21 April 2024

Tentang Ikan Pelangi Sulawesi (Marosatherina ladigesi)

Ikan pelangi sulawesi (Marosatherina ladigesi) merupakan ikan hias asli dari perairan sungai air tawar yang berada di Sulawesi. Menurut info bahwa ikan pelangi sulawesi dapat ditemukan di perairan Sungai Maros di Sulawesi Selatan.


Ciri Fisik Jantan dan Betina
Ikan hias ini mudah dikenali oleh para penghobi ikan hias karena memiliki bentuk sirip yang berciri khas yaitu bentuk siripnya yang menjuntai dan panjang serta warna tubuh yang transparan agak kebiruan khususnya untuk ikan jantan sedangkan betina berwarna agak kehijauan. Di habitat aslinya ikan ini hidup dalam berkelompok dan biasanya terdapat pada perairan hulu sungai yang jernih dan terdapat batuan kerikil agak seperti berpasir. 

Sementara info artikel dari situs kehati.or.id Ikan dengan sebutan Beseng beseng ini juga pernah dilakukan ekspor pada tahun 1976 dan pada tahun 1994 ikan ini masuk daftar redlist karena terancam punah keberadaannya seperti di perairan sungai Maros.

Menariknya ikan pelangi ini dijadikan logo untuk PIHI Perhimpunan Ikan Hias Indonesia karena pada waktu itu menjadi primadona ekspor ikan hias asal Indonesia yang diminati di luar negeri terutaman di Jerman.

Ikan pelangi sulawesi ini jarang terlihat bahkan admin sendiri belum pernah menemukan di beberapa toko ikan hias, kemungkinan belum ada breeder Indonesia yang memijahkannya dan sementara masih mengandalkan dari alam. 

Menurut penulis Renny Kurnia Hadiaty yang juga mendalami  bidang Zoologi, dan berdasarkan penelusuran dan penelitiannya di internet bahwa ikan cantik ini sudah bisa dibudidayakan di Singapura dan Republik Chechnya.

Dengan demikian Ikan Pelangi Sulawesi adalah salah satu dari banyak kekayaan hayati yang dimiliki oleh Pulau Sulawesi. Keunikan dan keindahan ikan ini membuatnya menjadi salah satu jenis yang menarik bagi para pecinta ikan hias aquarium. Namun, ancaman kepunahan yang dihadapi oleh ikan ini mengingatkan kita semua tentang pentingnya pelestarian dan konservasi keanekaragaman hayati.

Semoga infonya bermanfaat.


kuningan April 2024


Artikel terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan