Senin, 22 April 2024

Ikan Golden Basslet

Ikan Golden Basslet ( G.dejongi) dapat ditemukan di perairan laut Kuba dan merupakan ikan yang hidup di laut yang cukup dalam. Ikan ini termasuk bertubuh kecil yaitu sekitar 2 inch saat sudah dewasa. Warna ikan dewasa sangat cerah yaitu berwarna kuning terang dan diselingi dengan warna ungu pada sirip renang. 

Menurut info bahwa ikan Golden Basslet dihargai sangat mahal bagi para kolektor ikan hias yaitu mencapai ratusan juta rupiah perekornya. Diperkirakaan kelangkaan dan kesulitan breeding membuat ikan Golden Basslet menjadi salah satu ikan hias termahal di dunia.

Breeding ikan Golden Basslet hasil dari penangkaran masih belum ditemukan hanya ada beberapa video yang mencoba untuk menangkarkannya secara massal namun belum terlihat hasil dari percobaan breeding tersebut di beberapa channel Youtube. Kebanyakan ikan ditangkap langsung dari laut dan membutuhkan peralatan khusus penyelaman sehingga berisiko tinggi.

Seperti yang ditayangkan dalam video channel Youtube Bruce Carlson yang pada April 2018 sebuah team penyelam  mendokumentasikan habitat ikan ini di cagar alam Kuba Trinidad yang disebut Jardines de la Raina dan pada kedalaman deepth 55' atau sekitar 17 meter menemukan sekelompok Golden Basslet yang belum dewasa di terumbu karang dicirikan dengan warnanya yang masih separuh Kuning dan separuh lagi ungu pada tubuhnya. Sepanjang penyelaman yang semakin dalam para penyelam juga menemukan beberapa ekor hiu karang dan Golden Basslet dewasa.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan April 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan