Kamis, 11 April 2024

Ikan hias unik yang berharga tinggi pasarannya

Ikan hias yang memiliki bentuk unik atau antik dapat menjadi peluang yang menguntungkan, karena bagi kolektor ikan hias ini dapat dihargai tinggi bahkan bisa berkali-kali lipat. 

Ikan hias bertubuh unik memiliki ciri-ciri yang tidak biasa atau langka walaupun dari jenis ikan yang sama. Kelangkaannya yang sulit ditemukan di pasaran juga dapat mempengaruhi faktor harga yang membuatnya bernilai tinggi.

Penangkar atau pedagang ikan hias yang jeli bahwa ini adalah sebuah peluang yang mana akan mencari di berbagai tempat untuk mendapatkan ikan antik ini dan akan mempromosikannya pada rekan di komunitas penghobi ikan hias. 

Arwana silver blog deni cage
Foto Arwana Silver

Arwana Platinum
Seperti yang diinfokan oleh Fajar Sodiq yang merupakan penangkar ikan arwana di Muntilan bahwa ikan arwana kelainan gen memiliki nilai harga jual yang fantastis, peminatnya merupakan kolektor ikan khusus yang menyukai ikan dengan kelainan gen.

Ikan ini bisa dibeli oleh kolektor ikan hias di umur yang masih muda yaitu diukuran bibit sekitar 8 cm dan termasuk ikan yang dicari sampai saat ini.

Ikan arwana berukuran kecil namun memiliki kelainan pada warna atau disebut platinum bisa dihargai mencapai puluhan juta bahkan pernah menjual dengan harga ratusan juta rupiah perekor.

Menurutnya ikan arwana platinum ini ada siklus atau waktu tertentu dari induk arwana saat terjadi pemijahan, sebagai penangkar arwana yang sudah berkecimpung lama pernah kedapatan arwana unik ini lebih dari satu kali yang berasal dari indukan arwana yang berada di penangkarannya namun ia tidak bisa memprediksi kapan akan mendapatkan arwana platinum lagi. Asal usul arwana platinum berwarna putih ini berasal dari indukan arwana silver, dan dari sekian jumlah ekor anakan hanya ada satu jenis platinum.

Selain ikan arwana masih ada jenia ikan lain yang bisa dikategorikan unik dan bernilai tinggi dipasaran misalnya ikan botia albino. Menurut pantauan admin ikan hias berharga mahal diatas rata-rata ini biasanya terdapat pada jenis ikan yang dilindungi keberadaannya.

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan April 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan