Selasa, 30 April 2024

Tentang ikan dovii siklid (Parachromis dovii)

Ikan dovii siklid (Parachromis dovii) sering disebut dengan ikan serigala karena sifat predatornya yang luar biasa, namun memiliki keindahan pada sisik tubuhnya yang cemerlang.



Ikan dovii merupakan ikan asli perairan Amerika Tengah yang sangat digemari oleh para penghobi ikan hias. Dihabitat aslinya ikan ini bisa tumbuh hingga 80 cm dan salah satu ikan siklid perairan tawar berukuran sangat besar.

Ikan dewasa akan memunculkan warna dan corak yang sangat menarik seperti bernuansa warna biru dan corak totolnya banyak diminati sebagai penghias di aquarium dalam ukuran besar atau mega tank.

Gerakannya sangat lincah dan akan memangsa ikan-ikan kecil yang melalui daerah tutorialnya dengan sangat cepat seperti layaknya ikan siklid predator lainnya. Menurut yang sudah pernah memeliharanya ikan ini lebih baik dipelihara sendiri karena dapat mendominasi sebagian besar ikan lainnya dalam satu aquarium. Untuk pemeliharaan didalam aquarium besar maka ada baiknya memasukan ornamen kayu dan media berpasir agar ikan predator karnivora ini bisa hidup nyaman. Dekorasi aquarium yang serba natural diperlukan struktur yang kuat untuk mencegah perpindahan tempat akibat dari gaya renangnya yang agresif.

Ikan siklid berukuran besar ini memang terkenal galak dan cerdas bahkan sangat agresif pada pemeliharanya yang sudah berinteraksi lama dengan ikan ini, misalnya saat sedang membesihkan kaca dalam aquarium yang mana bisa saja menyerang dengan tiba-tiba. Maka pemeliharaan ikan dovii sangat disarankan dipelihara oleh penghobi ikan siklid berpengalaman yang sudah paham karakter ikan siklid yang rata-rata menjaga daerah teritorialnya.

Harga ikan dovii dipasaran sebagai ikan hiasan sangat mahal bisa mencapai ratusan ribu rupiah perekornya dengan ukuran belasan cm yang dijual di marketplace online.

Ikan Dovii siklid ini adalah ikan dikenal sangat berkarakter kuat dan pandai berinteraksi dengan pemeliharanya, namun dalam pemeliharaannya membutuhkan aquarium yang besar agar tumbuh besar dan optimal.

Karena ini merupakan ikan predator maka ikan ini perlu diawasi saat berada dalam pemeliharaan oleh penghobi agar selalu dalam lingkungan aquarium dan jangan sampai masuk dalam perairan tawar seperti danau dan sungai di Indonesia karena akan berpotensi mengganggu sistem ekosistem kehidupan perairan.

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan April 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan