Selasa, 09 April 2024

Solusi bersihkan jamur kaca berjamur fase awal


Kaca yang berjamur merupakan masalah yang sering dihadapi khususnya bagi para pecinta ikan hias dalam merawat aquarium. Jamur yang tumbuh pada kaca aquarium dapat mengganggu pandangan saat melihat ikan dalam aquarium karena tampak bias dan berkabut.

Pada umumnya jamur kaca timbul pada sisi aquarium bagian luar dan jarang sekali kedapatan di sisi dalam aquarium.

Aquarium yang terkena percikan air berpotensi terkena jamur kaca
Aquarium yang terkena percikan air dan mengering berpotensi terkena jamur kaca

Biasanya Kaca akan terdapat jamur saat terkena percikan air yang tidak segera dibersihkan sehingga air yang menempel akan mengering dengan sendirinya, jika dibiarkan tanpa pembersihan manual akan membentuk kerak berwarna agak putih. 

Berdasarkan pengalaman kerak putih yang sudah menempel pada sisi kaca tersebut akan semakin kuat sehingga termasuk sulit menghilangkannya walaupun memakai cairan penghilang jamur kaca yang mahal sekalipun. 

Ada baiknya merawat kaca aquarium pada bagian sisi luar adalah kita rutin membersihkan dan mengeceknya dan langkah terbaik adalah segera lakukan pengelapan sampai benar-benar kering jika terkena percikan air sewaktu mengganti air baru pada aquarium. Cara pencegahan ini paling efektif agar kaca aquarium selalu terlihat bening dan terbebas dari pada jamur kaca yang ditimbulkan dari percikan air.

Solusi menghilangkan jamur kaca fase awal

Berdasarkan info dari artikel briliofood.net.com kentang yang biasa diolah menjadi makanan ternyata memiliki manfaat lain, yaitu bisa membersihkan dan menghilangkan jamur pada kaca. Tips sederhana ini didapat dari channel Youtube MAE satuidea yang menunjukkan cara membersihkan jamur pada kaca mobil dengan cepat tanpa menimbulkan baret pada kaca sehingga aman digunakan. 

Menurut admin MAE Satuidea cara ini memang terbukti efektif karena dalam videonya langsung dipraktekan, namun sifatnya tidak permanen dan bisa bertahan sekitar dua minggu, infonya didapat dari balasan komentar yang dibalas oleh admin channel.

Admin sendiri belum praktek tips ini dan sepertinya perlu dicoba untuk beberapa aquarium yang sudah terkena jamur kaca namun belum sampai berkerak putih. 

Menurut admin tips ini dapat dicoba bagi pemilik aquarium yang sudah terkena jamur kaca fase awal karena masih mudah dihilangkan walaupun sifatnya tidak permanen. Tentunya cara ini juga bisa digunakan pada kaca aquarium karena masih terbuat dari bahan kaca.

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan April 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan